Profil

===========================================================

PENDAHULUAN

===========================================================


Menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi diharapkan mampu menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian.

Memperhatikan hal tersebut, maka Program Studi Psikologi Universitas Negeri Manado  (UNIMA) berkewajiban untuk mengembangkan kompetensi akademik dan/atau profesional tersebut. Pengetahuan ilmiah mengenai perilaku manusia sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial telah berkembang dengan pesat. Perkembangan ilmiah tersebut membuat kontribusi Psikologi dalam ikut serta membantu penyelesaian persoalan-persoalan sosial menjadi semakin besar. Sehingga pada akhirnya peranan Psikologi dalam analisis-analisis sosial diakui oleh masyarakat. Hampir semua bidang kehidupan dan bidang kerja di masyarakat bersangkut paut dengan persoalan perilaku dan persoalan interaksi antar-manusia dan persoalan interaksi manusia-lingkungan. Itulah yang menyebabkan pengetahuan Psikologi menjadi sangat dibutuhkan pada masa sekarang dan yang akan datang.

Penyelenggaraan pendidikan psikologi pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)  UNIMA dirasakan sebagai kebutuhan mendesak karena FIP yang mengemban misi menyelenggarakan pendidikan professional bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Khusus Guru SLB, Pendidikan Guru BK, dan  Pendidikan Luar  Sekolah  memerlukan basis penguasaan Psikologi bagi para mahasiswa  calon guru dan tenaga kependidikan lainnya , baik untuk penguasaan pemahaman  peserta didik, potensi dan perkembanganya maupun kajian dan analisis interaksi  antarmanusia dalam proses-proses pendidikan maupun layanan bantuan lainnya. Dalam proses pendidikan baik  dalam  keluarga (informal),  sekolah (formal), maupun luar sekolah (nonformal), juga semakin dibutuhkan layanan jasa dan praktek psikologi dan konseling.  Karena itu Program Studi Psikologi sangat dibutuhkan  kehadirannya secara institusional pada Fakultas Ilmu Pendidikan, agar dapat terjadi srawung ilmiah (scientific interaction) dengan program studi lain yang menyelenggaran pendidikan guru/tenaga kependidikan baik pada tingkat pembelajaran maupun pada tingkat penelitian dan pengembangan .

Permasalahan yang muncul pada masyarakat Indonesia tumbuh semakin kompleks sebagai akibat interaksi manusia dengan lingkungannya yang multidimensional, terus berubah oleh perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan kebudayaan. Kondisi ini memerlukan  kemampuan perilaku manusia untuk terus beradaptasi secara efisien, efektif,kreatif, dan produktif.  Dalam situasi seperti ini, yaitu tuntutan akan adaptasi dan interaksi yang efektif dari manusia dengan lingkungan makin membutuhkan bantuan disiplin pengetahuan tentang perilaku manusia yang dikenal sebagai Psikologi.  Banyak permasalahan yang dihadapi dalam pekerjaan dan profesi di bidang, ekonomi, industri, perdagangan, bisnis, pendidikan, politik,  serta berbagai organisasi  profit dan non profit,    makin memerlukan kemampuan tenaga professional yang memiliki kompetensi dalam bidang Psikologi. Kehadiran Psikologi sebagai ilmu terapan dalam perkembangan kehidupan sosial-ekonomi-politik memberikan sumbangan yang amat berharga  bagi pengembangan model dan metode intervensi psikologis untuk  mengatasi permasalahan  dalam lingkup individu, antarindividu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

Selain itu kehadiran bidang studi Psikologi sebagai ilmu perilaku pada Fakultas Ilmu Pendidikan diharapkan pula dapat memberikan landasan kurikuler yang kuat sebagai suatu fakultas yang membina dan mengembangkan sejumlah program studi kependidikan  dalam  pembentukan wawasan  dan pengetahuan dalam bidang psikologi bagi  para mahasiswa program studi pendidikan guru baik di Taman Kanak-kanak, guru Sekolah Dasar,  maupun Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Luarsekolah. Penguatan wawasan psikologis ini sangat penting bagi pembentukan kompetensi pedagogik, pribadi, sosial, dan professional dari para calon tenaga kependidikan  baik yang berkiprah di dalam pendidikan formal (sekolah)  maupun nonformal dan informal.

Berdasarkan  latar belakang pemikiran,  alasan dan pertimbangan rasional  mengenai  peluang kerja dan usaha dari  lulusan Psikologi, maka dibentuklah  Program Studi Psikologi pada Fakultas Ilmu Pendidikan,  berdasarkan persetujuan dan ijin Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor                         tahun 2005,  dengan visi, misi dan kurikulum sebagai berikut.

===========================================================

VISI,  MISI, TUJUAN DAN KOMPETENSI

===========================================================

  • Visi

Program studi psikologi pada Fakultas Ilmu Pendidikan menetapkan visi: dalam sepuluh tahun ke depan menjadi fakultas yang terbaik dalam mutu, maju, kuat, dan diakui.


  • Misi

Program Studi Psikologi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado mempunyai misi sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan  dan mengembangkan pendidikan psikologi secara akademik dan atau  professional yang memiliki kompetensi  dalam bidang pendidikan, industri,  sosial, pengembangan sumberdaya manusia dan klinis;
  2. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan professional  di bidang psikologi  bagi tenaga pendidik dalam berbagai jenjang pendidikan  ataupun tenaga pendidik lainnya di bidang pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia.
  3. Menghasilkan sarjana psikologi dan psikolog yang kompeten, profesional dan memiliki integritas dengan berpegang teguh pada kode etik profesi;
  4. Mengembangkan penelitian dan pengembangan serta publikasi ilmiah di  bidang ilmu psikologi.
  5. Mengembangkan  jaringan kemitraan dengan berbagai Perguruan Tinggi baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan  mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Mengembangkan manajemen akademik yang efisien, transparan, dan akuntabel dengan dukungan  sistem Teknologi Informasi  yang memadai.

  • Tujuan

Secara umum tujuan pendidikan Program Studi Psikologi sejalan dengan amanat tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangan manusia  berakhlak mulia, berilmu, memiliki integritas pribadi, kompetensi profesional, sosial-religius, serta cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Mengacu kepada tujuan umum di atas, maka secara khusus tujuan  Program Studi Psikologi dirinci sebagai berikut.

  1. Menyiapkan, membina dan mengembangkan lulusan menjadi sarjana psikologi, ilmuwan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga profesional lainnya yang memiliki karakter pribadi yang kuat,  profesional, berkompetensi tinggi dan berwawasan kemanusiaan dalam menjalankan tugas professional dalam berbagai bidang kehidupan dalam masyarakat.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan  teknologi di bidang psikologi dan bidang-bidang terapannya.
  3. Mengembangkan kemampuan institusi untuk mendukung pengembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya, dan pendidikan di daerah dan lingkungan sekitarnya dengan berperan sebagai lembaga keilmuan  psikologi yang  secara akademik kuat, kritis, kreatif,  mandiri dan  memiliki   moral akademik dan moral sosial yang dihargai dan diakui masyarakat.

  • Kompetensi

Program studi (S1) Psikologi  pada Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki kompetensi lulusan sebagai berikut.

1. Mampu menguasai  landasan, filsafat, dan konsep-konsep dasar psikologi dari berbagai perspektif teoretis maupun hasil-hasil penelitian dan kajian empiris dalam berbagai bidang kajian psikologi: perkembangan, kepribadian, sosial, organisasi, manajemen,  pendidikan, belajar, dan berbagai bidang kontemporer lainnya yang melibatkan proses-proses psikologis.

2. Mampu menguasai  prinsip dan  prosedur penelitian  dalam bidang psikologi, memiliki keterampilan wawancara dan observasi, menguasai berbagai model desain penelitian dalam psikologi,  mengenal, menguasai dan mampu mengembangkan  skala pengukuran dan alat ukur psikologi dan sejenisnya, dan mampu melakukan analisis baik dalam bentuk metode kuantitatif dan kualitatif;

3. Mampu menguasai prinsip-prinsip dasar  psikodiagnostik serta mampu melakukan pengamatan dan pemeriksaan secara obyektif dan sistematis mengenai bakat, kecerdasan,  minat,  kepribadian, sikap,  serta ciri-ciri psikologis lainnya.

4. Mampu melakukan intervensi secara sistematis dan efektif dalam bidang non klinis dan training;

5. Mampu membangun hubungan yang konstruktif  dengan  orang lain, memiliki keterampilan dalam membangun dan menjaga hubungan interpersonal serta berkomunikasi secara efektif, produktif, dan professional dalam lingkup tugas pelayanan;

6. Mampu memberikan pelayanan jasa kepada individu, kelompok,  ataupun institusional secara inklusif,  adil, memahami perbedaan,  nondiskriminatif, professional,  berdasarkan nilai-nilai etik profesi;

7. Mampu berpikir kritis, berkomunikasi lisan dan tulis, leadership, percaya diri, penelurusan informasi berdasarkan perubahan yg terjadi serta mengembangkan diri sebagai problem solver.

===========================================================

BIDANG PEKERJAAN/KARIER LULUSAN

===========================================================


Lulusan Program Studi (S1)  Psikologi pada dasarnya memiliki lapangan usaha dan pekerjaan yang terbentang luas baik dari sisi okupasi yang tersedia maupun okupasi baru yang dapat diupayakan dikreasikan sendiri.    Adapun  bidang- bidang kegiatannya antara lain:

1. Bidang Pendidikan: Konselor Pendidikan, Konsultan Pendidikan, Trainer, Pengajar, Peneliti, dan sejenisnya;

2.  Bidang Sosial: Peneliti Psikososial, Pengamat Psikososial, Konsultan Intervensi Sosial/Community Development, dan sejenisnya;

3. Bidang Klinis: Terapis, Konselor, Community Health Konsultan, Peneliti, dan sejenisnya;

4. Bidang Perkembangan: Konselor, Konsultan, Peneliti, dan sejenisnya;

5. Bidang Industri & Organisasi: Konselor, Trainer, Konsultan, Peneliti, dan sejenisnya;

6. Bidang Psikometri: Konsultan, Peneliti,  Pengembang tes, dan sejenisnya.